Rabu, 15 Oktober 2008

Just do it apa jas duit ?


Pernah dikejar anjing ? nggak pernah ? syukurlah karena bukan main paniknya. Lari bisa jadi cepat banget. Pagar yang tinggi bisa dilompatin. Parit yang lebar ? nggak peduli… lompat !!! dan berhasil. Begitu anjingnya pergi baru sadar, gila tadi lari cepat banget (kalo diadu bisa kalah kali Bolt). Liat pagar, wah ! untung nggak nyangkut. Pas liat parit, ampun naudzubillah nggak lagi deh. Tapi nyatanya semua berhasil dilewati. Nggak ada yang nyangkut. Sukses !!Kejadian kaya gini meskipun sepertinya remeh mengajarkan kita bahwa kalau keadaan kejepit bin kepepet maka ada energi luar biasa yang membuat kita sanggup untuk melakukan apapun. Melakukan sesuatu yang diluar dugaan bahkan mungkin tidak pernah terpikirkan sekalipun. Itulah mengapa banyak pebisnis yang sukses hanya setelah mengalami keterpurukan, kegagalan, bahkan nyaris bangkrut. Sederet nama beken seperti Bob Sadino, Andre Wongso, Jaya Setiabudi dan banyak lagi adalah contohnya. Bahkan Bang Jay (panggilan akrab Jaya Setiabudi) menulis buku ‘The Power of Kepepet’ yang secara khusus membahas hal ini.

Sewaktu kecil saya ingat waktu belajar renang dulu. Seorang teman membawa saya agak ke tengah sungai, lalu membiarkan saya berenang sendirian. Tanpa berpikir dan memang dalam situasi seperti itu nggak bakal bisa mikir. Secara insting saya mulai menggerakkan tangan dan kaki saya meniru gerakkan orang berenang. Alhasil setelah beberapa kali nyaris kelelep, saya bisa juga berenang. Sukses !

Kita lihat kembali sejarah. Pernah dengar cerita penaklukkan Andalusia (Spanyol) oleh Bani Umayyah. Alih-alih mundur dan balik kembali ke Maroko, Tarik bin Ziyad, komandan pasukan Muslimin malah membakar kapal-kapal mereka yang memaksa pasukannya berhadapan secara langsung dengan pasukan kerajaan Spanyol yang beberapa kali lipat lebih banyak jumlahnya. Hasilnya karena pertaruhan antara nyawa dan kehormatan pasukan Tarik memenangkan pertempuran yang merupakan awal kejatuhan Andalusia. Suatu kemenangan yang spektakuler dalam sejarah.

Kembali ke masa kini, itulah mengapa banyak mentor bisnis yang menyarankan kepada calon pebisnis ‘nggak usah banyak mikir’, action saja. Lakukan !. Buka bisnisnya. Pendek kata just do it bukan jas duit. Freedom.