Kamis, 25 September 2008

Momentum Ramadhan


Pertengahan Ramadhan mendadak terdengar kabar kalau RUU Anti Pornografi dan Pornoaksi akan segera disahkan. Kontan kabar tersebut memantik komentar-komentar miring dari mereka yang kontra. Namun Ramadhan yang identik sebagai bulan suci nampaknya dapat meredam gejolak dan gelombang protes yang lebih besar. Ini bukti bahwa kecerdikan melihat momen yang tepat merupakan salah satu unsur keberhasilan dalam mengaplikasikan sebuah ide atau meluncurkan suatu produk. Sebagai contoh banyaknya artis yang mengeluarkan album religi sesaat sebelum Ramadhan atau munculnya iklan-iklan minuman seperti sirup yang identik dengan minuman buka puasa. Ramadhan nampaknya menciptakan pasar sendiri dan terbukti dengan naiknya angka penjualan produk-produk yang senapas dengan tema Ramadhan sebagai bulan suci.
Disisi lain parpol pun tak mau kalah dalam melihat momen Ramadhan jika dihubungkan dengan pemilu 2009 yang sudah dekat maka pada Ramadhan kali ini banyak parpol yang menyediakan layanan mudik gratis, sekali lagi dengan harapan dapat meningkatkan simpati publik pada partai tersebut. Freedom