Rabu, 27 Agustus 2008

Mindset


Perbedaan terbesar manusia dengan mahluk lainnya adalah pikirannya. Manusia diberi kemampuan lebih untuk men-set pikirannya. Dengan kemampuan berpikirnya manusia menjadi lebih unggul dari mahluk lainnya. Sayangnya hanya sedikit orang yang memahami bahwa pikiran adalah anugerah super hebat yang diberikan Tuhan.
Bukan rahasia umum bahwa pikiran akan mempengaruhi tindakan. Tiger Wood, dalam suatu kejuaraan golf yang dimenangkannya berkata bahwa ketika pertandingan akan dimulai ia melihat dirinya menjadi juara. Kasparov, living legendnya dunia catur selalu melihat dirinya sebagai pecatur nomor satu dan selama karirnya memang dia hampir selalu menjadi yang nomor satu.
Pertanyaannya mengapa pikiran dapat menjadi penentu suksesnya seseorang ?. Ada dua jawaban yang pertama dijelaskan oleh teori Law Attraction (hukum ketertarikan) dan yang kedua seperti yang diterangkan oleh para ahli psikologi bahwa pemikiran mempengaruhi tindakan. Tindakan-tindakan akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan membentuk karakter. Karakter inilah yang akan menentukan sukses tidaknya seseorang. Jadi dengan merubah pemikiran (mindset) akan merubah nasib seseorang. Berpikir sukses maka anda akan sukses. Berpikir bebas maka anda akan bebas (freedom).