Senin, 01 September 2008

Strategi kecantikan


Bepergian siang hari bulan Ramadhan benar-benar penuh perjuangan. Begitu banyak godaan yang ditemui disepanjang jalan. Memang warung-warung makan hampir semua tutup karena buka hanya menjelang maghrib sampai larut malam. Tapi ada godaan lain yang lebih berat, seperti menahan sabar karena supir angkot yang sukanya nyelip aja ngejar setoran. Atau seperti yang saya temui hari ini sepanjang jalan kok banyak cewek-cewek cantik. Bingung juga padahal hari-hari lain biasa aja. Apa bawaan perut lapar aja ya ? He.. he….
Tapi memang godaan berat lain selama berpuasa adalah cewek alias perempuan. Ya, Tuhan memang sempurna menciptakan perempuan sebagai representasi kecantikan, kemolekan, kelembutan seperti Tuhan juga menciptakan laki-laki yang memiliki sisi kekuatan, keperkasaan dan kekuasaan. Laki-laki dan perempuan memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi sisi kekuatan terbesar perempuan selain kepribadiannya adalah daya pikat kecantikannya. Banyak laki-laki yang takluk karena daya pikatnya yang kadang-kadang dapat berakibat bencana. Contohnya perang troya yang sebenarnya terjadi karena perebutan seorang wanita.
Disisi lain kecantikan ini dapat juga berguna untuk sesuatu yang positif misalnya belum lama ini teman saya yang dongkol gara-gara koneksi internet kantornya yang sudah dua minggu mengalami gangguan. Sudah siap marah-marah saat komplain eh keburu turun duluan tuh tensi darah karena nggak tega costumer servicenya cantik banget. Alhasil yang ada Cuma sekedar laporan aja kalo internetnya mengalami gangguan. Itulah makanya banyak perusahaan-perusahaan yang sengaja memasang perempuan cantik sebagai tenaga front line di perusahaannya. Freedom.

Berikut salah satu strategi dari aplikasi 36 strategi perang jaman tiga kerajaan Wei, Zhao dan Shu yang dinamakan siasat memanfaatkan kecantikan wanita, yang saya kutip dari majalah pengusaha edisi Maret 2008 :

Inti strategi :
Anda menggunakan wanita cantik, agar musuh anda terlena dan tidak waspada.

Aplikasi dalam Bisnis dan Kehidupan Pribadi :
Anda menggunakan “kecantikan” (beragam fitur baru, desain unik, misalnya) untuk menggoda, sehingga mereka tertarik.

Keterangan/contoh :

Kemasan merupakan faktor penting dalam penjualan. Kita sering melihat kemasan susu yang dibuat menarik perhatian anak-anak. Mereka terkadang memilih susu tertentu bukan karena kandungan gizinya melainkan karena kemasannya yang bagus dan menarik.